Selasa, 01 Juni 2010

Manusia dan Tanggung Jawab serta Pengabdian : Kesadaran

pastinya di dunia ini terdapat tingkatan-tingkatan, seperti tingkatan sekolah, tingkatan jabatan pekerjaan dan lainnya. namun dalam hal ini saya akan membahas tingkatan-tingkatan manusia dalam hal kesadaran.

Tingkatan – tingkatan Manusia dalam hal kesadaran adalah :

  1. Yang terpenting adalah diri sendiri ! , apapun yang terjadi biarpun orang lain susah , sedih , duka . Orang yang type ini tidak akan terpengaruh asal tidak terusik dirinya dia tidak perduli !! Ini adalah Kesadaran dasar ( Ego )
  2. Mau memberi kalau di beri !! , yang type ini kesadaran tingkat kedua . Dimana orang Type ini sifatnya menunggu orang lain , kalau dia diberi baru dia akan memberi dan sebaliknya kalau tidak diberi diapun tidak akan memberi.
  3. Kalau memberi akan mendapat !! , ini kesadaran tingkat Tiga . Mereka berkeyakinan bahwa pemberian mereka akan kembali kepada mereka pula. Ibarat orang beli pasti dapat barang , ibarat orang bekerja pasti dapat upah . Mereka memberi tapi berharap kembali.
  4. Yang penting adalah memberi !! , Ini adalah kesadaran tingkat ke Empat , kesadaran inilah yang orang banyak mengenal dengan nama tulus , ikhlas dst. Beliau tidak pernah berfikir dapat apa ? , tapi yang beliau fikirkan adalah apa yang dapat diperbuat ? apa yang dapat dilakukan ? untuk kebaikan semua orang . Tanpa memandang siapa ?, dan kenapa? apa lagi akan mendapat apa ?!

Ini Universal dan realistis !! Kesadaran mana yang kita punya ? Itulah yang membedakan derajat kita dihadapan Tuhan. Di samping Ilmu dan Amal yang kita miliki……

sumber : mpu4elcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar